Pesona Kabupaten Garut: Pantai Sancang

banner 468x60

lensareportase.com, Pantai Sancang merupakan salah satu pantai yang merupakan kawasan cagar alam berupa hutan lindung yang terdiri dari kawasan hutan dan pantai. Pantai Sancang dengan luas mencapai 200 ha ini berada di Desa Sancang Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut

Untuk menemukan pantai yang sunyi ini wisatawan akan melewati Leuweung Sancang yang artinya hutan Sancang yang sangat kaya akan flora dan fauna. Pemandangan menakjubkan akan sangat anda rasakan disini, terutama saat memasuki hutan. Segala tumbuhan hijau dan pohon-pohon yang lebat serta tinggi membuat siapapun di dalamnya tidak bisa menjangkau pemandangan di luar hutan bahkan pantai yang akan anda kunjungi sekalipun. Udara yang sejuk dan tanpa polusi sama sekali membuat siapapun betah menyusuri hutan ini dan menghirup oksigen sebanyak banyaknya dari tempat ini.

Read More
banner 300x250

Indahnya pantai pasir putih yang sangat luas dan memanjang membentuk lengkungan yang menakjubkan. Meskipun berada di pantai namun deburan ombak akan jauh dari pandangan mata, pasalnya ada beting pembatas yang memisahkan hamparan pasir dari gulungan ombak.

Tempat wisata alam ini tidak bisa lepas dari sejarah kerajaan Padjadjaran yang tersohor akan kesaktian rajanya di Jawa barat ini. Legenda yang turun-temurun masih menjadi hal yang sangat dipercayai masyarakat setempat mengenai berbagai hal di Leuweung Sancang ini.

Total luas kawasan cagar alam ini mencapai 2.913 ha untuk kawasan hutan dan 200 ha untuk kawasan pantai. Sangat cocok bagi anda yang ingin ber adventure dan apa saja yang bisa anda lakukan disini? Tentu saja masih banyak hal lain yang menarik untuk dinikmati.

Baca Juga :  Curug Cilandak, Curug yang Memiliki Suasana Alam yang Eksotik

Untuk menuju lokasi wisata kawasan Sancang, wisatatawan dapat melalui jalur Garut – Cikajang dengan jarak 112 km dengan waktu tempuh 3,5 jam jika kondisi lalu lintas lancar. Tempat wisata ini tidak sulit ditemukan, selain karena sudah dikenal luas oleh masyarakat , akses serta petunjuk jalan sudah memadai bagi para wisatawan.

Ketika wisatawan memasuki kawasan hutan, jalan menuju pantai, maka pemandangan seperti tumbuhan paku-pakuan, pakis dan raflesia menjadi pemanis perjalanan anda. Anda juga akan menemukan berbagai jenis hewan yang hidup di hutan ini. Meskipun banyak hewan yang telah punah, seperti kerbau putih yang konon merupakan hewan asli dari hutan Sancang kini tak lagi bisa dijumpai.

Kawasan hutan yang juga dekat dengan pantai Cijeruk indah ini juga merupakan bagian dari cagar budaya, terbagi menjadi 3 bagian yakni hutan dataran rendah , hutan mangrove dan cagar alam pantai. Untuk sampai di pantai Sancang garut regency wisatawan bisa melalui jalur setapak masuk ke hutan lalu sampai di pantai Cijeruk indah. Selanjutnya lanjutkan perjalanan anda dengan menyebrangi sungai Cijeruk menggunakan getek nelayan setempat. Getek ini bisa mengangkut anda ataupun jika anda menggunakan motor.

Hutan ini menyediakan jalan setapak yang cukup memadai untuk dilalui motor maupun berjalan kaki, namun jika kawasan pantai menjadi tujuan anda sebaiknya bawa atau sewa motor beserta guide nya. Banyak juga ditawarkan jasa ojek yang siap mengantar anda ke pantai yang berdekatan dengan pantai Santolo ini.
Meskipun anda berada di tepian pantai, namun gulungan ombak jauh dari pantai, karena antara air laut dan pantai dipisahkan secara alami oleh beting yang lumayan tinggi, jadi pinggir pantai hanyalah lautan dangkal dengan pemandangan segala biota bawah laut yang hidup di perairan laut dangkal. Ketika anda bermain air pun anda hanya akan bermain di lautan yang dangkal tanpa takut tergulung ombak,

Baca Juga :  Pesona Kabupaten Pangandaran: Curug Pananjung

Pelataran karang menjadi keindahan lain yang sulit dilupakan, sejauh mata memandang hamparan pasir yang memanjang pun siap menjadi cerita indah saat anda pulang. Di sisi lain pantai ini menampakan kesunyian yang meneduhkan, onggokan kayu besar serta deburan ombak yang samar-samar membawa anda menemukan ketenangan yang tiada duanya.
Bangkai kapal yang karam entah berapa puluh tahun yang lalu menjadi bukti bahwa begitu terasingnya wilayah ini dari wilayah yang telah modern ,jauh dari hiruk pikuk dan ganasnya kemajuan zaman.

Berkeliling pantai Sancang menikmati alam sekitarnya adalah pilihan bagi Anda yang ingin mengenal lebih dalam tentang Sancang dan keajaiban di dalamnya. Menginjakan kaki di pasir putih yang cemerlang dan menyusuri setiap sudut pantai ini mungkin tidak akan cukup sehari mengingat kawasan Leuweung Sancang sangat luas.

Berenang merupakan hal yang wajib jika anda datang kemari, suasana air yang jernih dan keindahan biota laut yang beraneka ragam membuat anda merasa bahwa anda berada di tengah aquarium yang besar dan megah. Bersantai di pinggir pantai setelah anda melakukan aktivitas air menjadi pilihan selanjutnya. Di pantai ini terdapat sebuah muara yang berada air jernih dan berkarang. Wisatawan biasa mencoba peruntungan memancing ikan di muara ini .

Mengunjungi hutan ini sama saja anda dibuang ke tempat yang tak berpenghuni. Maka tidak heran jika fasilitas seperti tempat makan dan minum, toilet dan lain sebagainya masih minim disini. Kecuali yang memang berada di sekitar pemukiman.

Untuk menuju kawasan hutan ini anda akan dikenakan tiket masuk sebesar 10.000 rupiah dan 5.000-10.000 untuk membayar rakit yang akan membawa anda untuk sampai di pantai Sancang dari teluk dalam hutan. Untuk meudahkan lokasi Pantai Sancang sudah ditandai dalam Google Maps.(*)

Baca Juga :  Pesona Kabupaten Kuningan : Curug Ngelay

(Sumber: KABP)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60