TP PKK Salurkan Bantuan Makanan Bergizi bagi Masyarakat di NTB

lensareportase.com, Lombok Tengah – Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE Kabinet Indonesia Maju) menyalurkan bantuan bagi masyarakat di Aula Kantor Desa Sengkol, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Kegiatan itu juga dijadikan ajang sosialisasi tentang makanan sehat dan bergizi, serta pengenalan 10 (sepuluh) program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga atau PKK.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Tim Penggerak (TP) PKK Tri Tito Karnavian menjelaskan, di bawah koordinasi OASE Kabinet Indonesia Maju, kedatangannya bersama perwakilan PKK, Bhayangkari, dan Persit Kartika Chandra Kirana, adalah untuk memberikan perhatian bagi masyarakat di desa setempat, terutama yang terdampak pandemi Covid-19.

“Karena pada saat pandemi ini, kami yakin banyak sekali masyarakat yang terdampak, terutama ibu-ibu dan anak-anak akibat perekonomian yang mungkin berpengaruh,” kata Tri.

Istri Mendagri Muhammad Tito Karnavian itu menjelaskan, OASE Kabinet Indonesia Maju merupakan organisasi pemerintah nonprofit yang diinisiasi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama istri Wakil Presiden, Wury Estu Ma’ruf Amin. Organisasi ini sebagai wadah jejaring komunikasi dan koordinasi untuk memudahkan seluruh anggotanya dalam melakukan sejumlah aktivitas yang bermanfaat bagi masyarakat luas secara bersama-sama.

“Dalam hal ini OASE, kami di sini, memberikan sedikit bantuan sembako,” ujarnya.

Tak hanya itu, selain menerima bantuan sembako, masyarakat juga mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya mengkonsumsi makanan yang bergizi, terutama bagi ibu-ibu yang memiliki anak balita. “Mohon Ibu-Ibu manfaatkan (bantuannya), di keluarga yang mempunyai anak balita, mohon untuk membuatkan makanan yang bisa memenuhi gizi anaknya,” harap Tri.

Tak ketinggalan, Tri juga menyosialisasikan 10 (sepuluh) program PKK. Ia pun meminta masyarakat agar secara berkala mengecek kesehatan lewat keberadaan fasilitas kesehatan, seperti Posyandu. Kehadiran posyandu tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil dan anak, tetapi masyarakat secara umum juga dapat secara rutin mengontrol tekanan darah, kadar kolesterol, gula darah, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Resimen 1 Paspelopor, Bantuan Sosial Khusus Jompo dan Disabilitas Warga Penjaringan

Melalui wadah OASE Kabinet Indonesia Maju, serangkaian program yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat dan pembentukan soft skill akan dirancang dan dilaksanakan secara saksama, efisien, dan tepat sasaran. Dalam melaksanakan kegiatannya, OASE Kabinet Indonesia Maju akan bermitra dan melibatkan berbagai institusi/lembaga terkait yang sudah ada di masyarakat. Hal ini bertujuan agar misi dan tujuan OASE Kabinet Indonesia Maju dapat berjalan dengan lancar.

Tri juga berharap, sesuai dengan visinya, kegiatan OASE tersebut dapat bermanfaat dalam menyukseskan Nawacita, Wujudkan Indonesia Berkarakter, Bebas Narkoba, Sehat, dan Sejahtera.

“Mudah-mudahan kegiatan OASE Kabinet Indonesia Maju ini bisa bermanfaat untuk kita semua, dan bekerja sama dengan semua pihak, agar mencapai atau pemberdayaan kepada masyarakat untuk menuju masyarakat yang sejahtera,” tutupnya.(*)

Puspen Kemendagri

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.