Tiktok Ambil Tindakan Tegas Untuk Pengguna di bawah 16 Tahun

lensareportase.com, Tiktok bertindak tegas untuk pengguna di bawah 16 tahun. Hal ini dilakukan TIktok mendorong pengguna untuk lebih aktif terlibat dalam mengawasi privasi mereka di dunia maya.

Dikutip dari BBC, pengguna Tiktok yang berusia di bawah 16 tahun akan secara otomatis mengatur akun mereka menjadi privat, karena aplikasi tersebut memperkenalkan serangkaian tindakan untuk meningkatkan keselamatan anak.

Pengguna juga akan dilarang mengunduh video apa pun yang dibuat oleh anak di bawah 16 tahun.

Tiktok berharap perubahan tersebut akan mendorong pengguna muda untuk “secara aktif terlibat dalam perjalanan privasi online mereka”.

“Kami berharap dapat menginspirasi mereka untuk mengambil peran aktif dan membuat keputusan berdasarkan informasi,” kata Elaine Fox, kepala privasi Tiktok.

Mereka yang berusia antara 13 dan 15 tahun dapat menyetujui “teman” untuk berkomentar dan memilih apakah akan membuat video menjadi publik.

Namun akun tersebut juga tidak akan “disarankan” untuk pengguna lain di aplikasi. Akun anak berusia 16 dan 17 tahun akan mencegah orang lain mengunduh video mereka, tetapi anak-anak muda akan memiliki kemampuan untuk menonaktifkan pembatasan ini.

Selain itu, Tiktok mengubah pengaturan default kelompok usia ini untuk mengizinkan hanya teman yang mereka pilih untuk “berduet” bersama mereka, nama yang diberikan ke fasilitas yang memungkinkan pengguna untuk merekam diri mereka sendiri dalam klip kemudian diputar berdekatan dengan rekaman sebelumnya, jadi mereka bisa disaksikan secara bersamaan.

Pengguna tidak akan diizinkan untuk berduet dengan klip yang dibuat oleh di bawah 16 tahun.

Langkah ini dilakukan setelah investigasi BBC News mengungkapkan bahwa platform tersebut rentan terhadap perawatan online.

Tiktok sudah memiliki beberapa pengaturan untuk melindungi penggunanya yang lebih muda, termasuk membatasi perpesanan langsung dan streaming langsung ke usia di atas 16 tahun.

Membatasi pembelian, penjualan, dan penerimaan “hadiah virtual” untuk orang dewasa memungkinkan orang tua dan pengasuh memiliki kontrol yang lebih besar, dengan akun tertaut memungkinkan mereka mendapatkan kekuatan tertinggi.

Badan amal NSPCC menyambut baik, keputisan Tiktok. Dengan mengatakan hal itu akan mengurangi kesempatan bagi pengurus untuk menghubungi anak-anak.Dan Tiktok mendesak platform lain untuk sama proaktifnya.(*)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.