Tertarik Dengan Kearifan Lokalnya Wisatawan Asal Australia Kunjungi Kp Lahang Gede Pangrango

banner 468x60

Lensareportase.com-Sukabumi. Kecamatan Kadudampit memiliki wahana wisata yang berbasis Alam, dengan Viralnya Wisata alam Situgunung Jembatan gantung membuat daya tarik para turis lokal dan internasional.

Namun tak hanya Situgunung, di Desa Gede Pangrango memiliki wisata penunjang lainnya yang berbasis alam dan kearifan lokal, salah satunya keberadaan Wisata Kampung Lahang ynag berada di kedusunan Cijagung 1 Fesa Gede pangrango. Kampung lahang menyediakan wahana alam yang asli dengan kearifan lokal penduduk sekitar.

Yang menjadi daya tarik Kampung lahang yaitu selain adanya rumah-rumah atau saung (Homestay) dari bambu, juga dengan adanya lahang ( Nira ) yang bisa langsung di minum, dan di percaya dapat menambah vitalitas tenaga atau imun tubuh. Selain dihasil dan di jadikan gula merah atau gula aren.

Dengan daya tarik sendiri membuat wisatawan penasaran akan keberadaannya. Pada kamis 10 november 2022. Wisata kampung lahang di datangi 3 turis asal Australia yang kebetulan sedang berwisata ke Situgunung Tanakita.

Para turis menapaki sawah dan kolam yang menjadi perioritas edukasi alam yang asri. Juga dapat suguhan makanan tradisional serta dengan minuman khas kampung lahang yaitu Lahang ( Air Nira ).

Menurut pengelola kampung lahang Kang Agus, kedatangan turis tersebut merupakan surprise bagi nya, pasalnya ini akan berdampak kedepan akan keberadaan Kampung lahang di ketahui masyarakat Dunia.

“Kedepan harapannya kampung lahang jadi tempat edukasi untuk semua orang yang mau belajar lahang, nandur, budidaya jamur, dan lain-lain, terutama sekolah alam bagi setiap siswa, dengan berbagai atraksi dan kegiatan”, ujar Agus (10/11/22).

Agus juga berharap agar ada penambahan wahana lain.

“Saya berharap kampung lahang kedepan bisa memiliki wahana lain seperti: Lukis caping. Atraksi gula merah. Lukis layang- layang. Tubing. Outbond. Muhasabah.” pungkasnya.

Baca Juga :  Pesona Bondowoso: Taman Galuh Giri Mulyo

Di temui di kantornya Kepala Desa Gede Pangrango Asep Badru tamam sangat mengapresiasi kedatangan turis luar ke wisata kampung lahang.

“Saya sangat mengapresiasi kepada wisata kampung lahang yang tadi kedatangan turis dari luar, ini akan sangat berdampak kedepan bahwa keberadaan kampung lahang sudah di datangi tamu dari internasional, yang mudah-mudahan mereka para turis tersebut akan memberitahukan ke sahabat, teman dan keluarganya,” Ujar Kades di kantornya.

As/smi.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60