Seren Taun Kasepuhan Malasari, “Ngahiji Jadi Hiji Tradisi Ngajati Diri”

KAB.BOGOR – Memasuki hari Kedua, Sejumlah Kegiatan digelar oleh kasepuhan Malasari yang berada di desa malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, salah satunya kegiatan Seren Taun dalam memperingati hari besar Islam ,1 Muharram 1445 Hijriah, Dengan Ritual Adat dan Sedekah Bumi. Jum’at 21 Juli 2023.

Kegiatan hari kedua dihadiri oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor serta Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Nanggung dan sejumlah kasepuhan..

Upacara Adat Seren Taun sendiri Dapat diartikan sebagai penyerahan hasil panen yang baru dilewati serta memohon berkah dan perlindungan kepada Allah pada musim berikutnya.

Masyarakat adat Desa Malasari, Kecamatan Nanggung di tahun ini mengusung tema seren taun, “ngahiji jadi hiji, Tradisi ngajati diri”. Prosesi helaran Seren Taun yang digelar sejak tanggal 22-24 Juli 2023 berlangsung khidmat penuh nilai-nilai spiritual.

Kaum millenial Kasepuhan Malasari, Hamdan Saepudin mengungkapkan, helaran ini intinya sebagai ajang silaturahmi mendekatkan antar keluarga dan persaudaraan, termasuk mensyukuri hasil pertanian.

Related posts