Sejak Kapan Anak Perlu Pakai Miniset? Pelajari Fungsi dan Kegunaannya Berikut Ini

banner 468x60

Memasuki usia puber, remaja perempuan akan mulai mengalami pertumbuhan payudara. Saat ini, mungkin mereka mulai membutuhkan miniset sebelum mencoba bra dewasa. Miniset berfungsi untuk menjaga bentuk payudara anak dan membuat mereka lebih nyaman.

lensareportase.com, Masa pubertas pada anak perempuan biasanya terjadi pada usia 8-14 tahun. Pada usia ini, banyak perubahan yang akan terjadi pada diri anak, mulai dari menstruasi hingga pertumbuhan payudara. Saat inilah orang tua dan anak perlu memahami fungsi miniset untuk anak dan cara menggunakannya.

Fungsi miniset untuk anak remaja 

Memasuki masa pubertas, anak remaja akan mengalami sejumlah perubahan pada dirinya. Pada remaja perempuan, payudara yang mulai tumbuh menjadi salah satu cirinya. Orang tua dan anak sebaiknya mulai mendiskusikan mengenai perubahan-perubahan yang terjadi di diri anak sebagai bentuk antisipasi dan edukasi dalam memasuki masa remaja. Pada awal perkembangan payudara, anak perempuan mungkin akan memiliki benjolan kecil dan terkadang lunak di bawah area puting. Tahap ini disebut dengan breast budding stage. Pada tahap ini, areola juga mulai membesar dan berubah warna menjadi lebih gelap. Terkadang, puting juga mulai sensitif dan terasa sakit ketika disentuh. Saat inilah, miniset dibutuhkan. 

Dikutip dari sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Kristen Petra Surabaya, miniset adalah bra yang dipakai pertama kali ketika payudara baru saja tumbuh. Ini biasa juga disebut dengan training bra. Fungsi miniset untuk anak perempuan sangat penting, terlebih jika anak aktif berolahraga atau beraktivitas. Berikut ini beberapa fungsi miniset untuk anak, antara lain:

  • Melindungi puting dan payudara yang mulai sensitif
  • Menopang dan mengurangi guncangan pada payudara
  • Mencegah payudara kendur dan menjaga kontur payudara
  • Membuat anak perempuan lebih nyaman

Penting bagi orang tua dan anak untuk mementingkan kenyamanan dan kebutuhan dalam menggunakan miniset. Bagaimanapun, ini adalah tahap awal anak memakai bra sebelum beranjak ke bra biasa. Berikut ini beberapa jenis miniset yang bisa menjadi pilihan:

  • Bralette, miniset datar tanpa tambalan (pads) yang terbuat dari bahan katun dan tidak memiliki kait atau kawat.
  • Miniset dengan bantalan, miniset jenis ini memiliki bantalan atau busa tipis untuk melindungi area depan payudara termasuk mencegah puting terlihat
  • Miniset olahraga, mirip dengan sport bra tanpa bantalan, memiliki desain yang lebih kuat untuk mendukung aktivitas
  • Miniset dengan kait, miniset jenis ini dirancang seperti bra dewasa dengan pengait di belakang atau di depan, dengan atau tanpa tambalan

Kapan harus beralih dari miniset ke bra biasa?

Pada umumnya, perkembangan payudara perempuan terjadi melalui 3 tahap, yaitu:

  • Breast budding stage, tahap awal pertumbuhan payudara dengan munculnya benjolan kecil di bawah puting
  • Breast growing stage, tahap lanjutan ketika areola dan seluruh bagian payudara mulai tumbuh lebih besar sehingga kontur payudara mulai terlihat
  • Maturing stage, tahap ketika payudara lebih bulat dan keras sehingga menyerupai payudara wanita dewasa

Berdasarkan ketiga tahap tersebut, ketika perkembangan payudara anak mulai memasuki tahap breast growing stage, saat itulah harus beralih dari miniset ke bra biasa. Hal ini bertujuan untuk menunjang bentuk dan fungsi jaringan payudara yang semakin besar dan tidak bisa lagi didukung oleh miniset. (*)

(Sumber: Sehatq)

 

Referensi

Universitas Kristen Petra Surabaya. https://media.neliti.com/media/publications/81656-ID-pemilihan-miniset-pengaruhi-pertumbuhan.pdf
Kids Health. https://kidshealth.org/en/kids/breasts-bras.html
Kids Health. https://kidshealth.org/DaytonChildrens/en/parents/talk-about-puberty.html?WT.ac=p-ra
Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/what-is-a-training-bra-4017008

banner 300x250
Baca Juga :  5 Bahaya Vertigo yang Harus Anda Waspadai

Related posts

banner 468x60