Salah Satu Pencegahan Stunting Sudahkah Kader Posyandu Melaksanakan KMS Didesa

lensareportase.com, Salah satu pencegahan stunting Sudahkah Kader Posyandu melaksanakan KMS Didesa anda atau KMS kader posyandu tidak tersedia didesa ??

Kartu Menuju Sehat (KMS) adalah catatan grafik perkembangan anak yang diukur berdasarkan umur, berat badan, dan jenis kelamin. Dari situlah bisa diketahui status gizi bayi dan balita Smart Parents.
Kartu Menuju Sehat (KMS) sudah digunakan di Indonesia sejak tahun 1970-an sebagai alat untuk memantau tumbuh kembang anak, semenjak baru lahir hingga menginjak usia lima tahun. Kartu ini biasanya diisi oleh dokter anak smart parents, Atau bisa juga oleh petugas posyandu di tempat smart parents menimbang balita setiap bulannya.

Sangat penting bagi orangtua untuk memahami bagaimana cara membaca KMS agar dapat mengawasi dan menindaklanjuti pertumbuhan si kecil seiring waktu.

Dengan memantau pertumbuhan anak melalui kartu ini, tenaga kesehatan akan dapat menentukan apakah seorang anak tumbuh normal, atau mengalami gangguan pertumbuhan sehingga dapat didagnosis dan ditangani lebih dini.

KMS dibedakan antara anak laki-laki dengan anak perempuan. KMS anak laki-laki berwarna biru dan punya anak perempuan berwarna merah muda.

Kartu Menuju Sehat (KMS) tersedia dalam bentuk fisik yang diberikan oleh dokter atau bidan, setelah anak. lahir
Yang Perlu smart parents lihat dan pantau perkembangan titiknya setiap bulan, apakah naik-turun, semakin menanjak, atau malah menurun. Masing-masing perkembangan ini ada artinya.

· Bila titik pada grafik lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya, tandanya berat badan anak Anda naik. Pantau apakah sesuai dengan KBM (kenaikan berat badan minimal) atau tidak.
· Bila titik pada grafik sejajar dengan bulan sebelumnya, maka berat badan anak Anda sama dengan bulan sebelumnya. Jika masih ASIX, maka perbaiki perlekatannya, segera datangi konselor menyusui terdekat dari tempat tanggal smart parents.
· Bila titik pada grafik lebih rendah dari bulan sebelumnya, maka berat badan anak mengalami penurunan. Jika anak tidak mengalami sakit, tetapi berat badannya tetap berkurang, maka smart parents harus segera membawanya ke dokter.
· Bila titik berat badan pada grafik KMS terputus-putus, ini artinya smart parents kurang rajin menimbang anak. Alangkah baiknya jika penimbangan dilakukan setiap bulan.
KMS diperhatikan, apabila BB naik SESUAI KBM, ditandai dengan titik2 yang mengikuti bentuk kurva diatasnya
Jadi apabila BBL ada di garis kurva nomor 2, maka pergerakan penambahan BB sesuai dengan garis kurva tersebut atau diatas kurva tersebut

Apabila ternyata pergerakan kenaikan BB tidak mengikuti bentuk garis kurva, maka hal tersebut mengindikasikan ada yang tidak tepat dan perlu diperbaiki atau diperiksa lebih lanjut
Berat badan tidak naik (T) artinya grafik berat badan mendatar atau menurun memotong garis pertumbuhan dibawahnya atau kenaikan berat badan kurang dari KBM.

Jadi, Pantau TITIKnya bukan hanya di area mana titik BB anak berada.

Yang sering salah diinterpretasikan di banyak tempat adalah.. “Ah, BB masih di garis hijau, MASIH AMAN” Padahal terlihat di KMS nya trend BB yang di timbang tiap bulan tidak sesuai KBM, bahkan sudah memotong garis kurva di bawahnya.(*)