Pulau Ketawai, Pulau Kecil dengan Hamparan Pasir Putih dan Terumbu Karang yang Memukau

banner 468x60

KAB.BANGKA TENGAH, lensareportase.com – Pulau Ketawai merupakan objek wisata laut yang terletak di Desa Kurau, Kabupaten Bangka Tengah, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pulau Ketawai menjadi salah satu destinasi favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pulau ini memiliki luas daratan 194.716 m2.

Pulau Ketawai merupakan pulau yang berasal dari sedimentasi bleksi koral yang relatif halus, memiliki elevasi tanah yang datar.

Read More
banner 300x250

Kecerahan di perairan Pulau Ketawai mencapai dasar di perairan terumbu karang.

Sepanjang pantai pulau ini berpasir putih dengan panorama alam yang masih asri sehingga memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Pantai di pesisir Pulau Ketawai merupakan pantai berpasir putih yang landai. Hal ini karena di sekeliling pulau ini merupakan paparan terumbu (coral reef) hingga lebih dari 100 meter hingga ke tubir. Pada saat air surut, maka ketinggian air di sepanjang paparan terumbu tersebut hanya sekitar 10-50 cm.

Vegetasi di Pulau Ketawai didominasi oleh tanaman kelapa. Tanaman kelapa ini ditanam masyarakat yang ada disekitar pulau tersebut dengan maksud untuk keasrian dan keteduhan, selain itu juga pohon kelapa dapat dimanfaatkan.

Di pulau ini terdapat sumber air tawar berupa sumur sehingga pulau ini kerapkali disinggahi oleh para nelayan dan masyarat di pulau-pulau sekitar untuk mengambil air tawar yang ada.

Akses menuju Pulau Ketawai cukup mudah hanya dengan menempuh jarak sekitar 35 km dari Kota Pangkalpinang kemudian dilanjutkan dengan menggunakan perahu nelayan sekitar 1 jam.

Baca Juga :  Pesona kabupaten Garut : Curug Ciharus

Sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi dengan hamparan laut biru yang begitu memanjakan mata. Pemandangan bawah laut pun tak kalah memukau, seperti ikan badut, bintang laut, kerisi hijau serta hamparan karang yang beragam.(*)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60