Pesona Kabupaten Tasikmalaya: Pantai Muaragatah

lensareportase.com, Pantai Muaragatah terletak di Desa Kertamukti Kecamatan Cimerak, atau sebelah barat Desa Legokjawa. Secara tidak langsung pantai ini juga berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya.

Pantai Muaragatah menawarkan pemandangan yang luar biasa. Hamparan laut Samudra Hindia yang luas dan juga terumbu karang yang indah. Cocok sekali untuk dijadikan tempat swafoto. Disana juga terdapat batu karang yang menjulang tinggi, tingginya mungkin ada sekitar 5 meter. Hal ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas berenang di pantai ini, walaupun memang banyak terumbu karang disana.

Disepanjang pantai juga tersedia warung yang menjajakan makanan ringan dan tradisional. Bahkan wisatawan juga bisa merasakan langsung olahan ikan segar dari para nelayan.

Pantai Muaragatah sudah ramai dikunjungi wisatwan sejak tahun 2014 lalu. Pantai ini ramai dikunjungi pada hari libur besar saja, sebenarnya dihari hari biasa juga ada yang berkunjung, tapi tidak terlalu banyak. Tiket masuk ke Pantai Muaragatah terhitung cukup murah, yakni Rp10 ribu untuk roda empat dan Rp 5 ribu untuk kendaraan roda dua. Retribusi dari penarikan karcis ini biasanya dibagi dengan pihak desa. Selain menawarkan pemandangan laut yang indah, menurut, Pantai Muaragatah juga punya wahana wisata sungai. Biasanya ada yang suka bermain kano, perahu dan boogie. Tetapi bila air sungainya sedang surut tidak dapat digunakan, apalagi ditambah bila terjadi pendangkalan.

Tidak jauh dari pantai, pengunjung bisa mencoba pengalaman memasuki goa alam dengan jalur sekitar 60 meter. Disepanjang pantai juga tersedia warung yang menjajakan makanan ringan dan tradisional dan wisatawan juga bisa merasakan langsung olahan ikan segar dari para nelayan.

Baca Juga :  Curug Panetean Curug Exsotis Dari Tasikmalaya

Pantai ini merupakan pembatas antara Kabupaten Pangandaran dengan Kabupaten Tasikmalaya. Pengunjung hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit dari Kecamatan Parigi untuk sampai ke lokasi, atau sekitar satu jam dari Kecamatan Pangandaran. Untuk memudahkan pencarian, lokasi pantai ini sudah ditandai dalam Google Maps.(*)

(Sumber: KABP)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.