Pesona Kabupaten Majalengka: Curug Baligo

lensareportase.com, Curug Baligo atau Air terjun Baligo, merupakan objek wisata air terjun yang terletak di Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Posisinya berada di sebelah timur Kota Majalengka dengan jarak tempuh sekitar 26 km. Ketinggian Curug Baligo mencapai 30 meter

Akses jalan menuju tempat wisata cukup mudah dilalui dan beraspal. Jarak tempuh dari Kota Cirebon maupun Majalengka hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di lokasi. Meski begitu, saya sarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua. Selain jalan yang sempit, luas parkiran pun sangat terbatas. Anda hanya akan diminta uang parkir untuk masuk ke lokasi objek wisata.

Read More
banner 300x250

Akses jalan masuk menuju air terjun berada ditengah perkampungan dan hanya terpasang sebuah banner. Pengunjung sebaiknya banyak bertanya kepada warga sekitar agar tidak terlewati. Selain itu, bawalah bekal dan minuman secukupnya karena di lokasi objek wisata masih minim pedagang yang menjajakan perbekalan.

Dari lokasi parkiran kendaraan, pengunjung harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak untuk sampai ke lokasi dimana air terjun berada. Perjalanan ditempuh sekitar 10 menit dengan disuguhkan pemandangan sawah dan bukit-bukitnya.

Untuk bisa mendekat ke sumber air terjun, pengunjung harus melewati jembatan yang terbuat dari bambu. Jembatan tersebut dibuat alakadarnya oleh warga, sehingga harus berhati-hati melewatinya karena pijakannya cukup licin. Suasana asri pegunungan masih terasa. Rimbunnya pepohonan juga menambah kesejukan tempat ini.

Tiket masuk Curug Baligo ini, pengunjung dikenakan tarif Rp10.000 sudah berikut biaya parkir. Parkiran masih di pelataran rumah warga, jadi untuk tempat parkir ini terbatas. Mungkin untuk kendaraan motor 2 bisa dapat banyak, tapi untuk mobil sangat minim sekali. Jadi diusahakan untuk menggunanakan kendaran roda 2.. Untuk memudahkan pencarian lokasi Curug Baligo sudah ditandai dalam Google Maps.(*)

Sumber : KABP

Related posts