Pesona Kabupaten Lebak: Air Terjun Kadu Punah

lensareportase.com, Air Terjun Kadu Punah terletak di di Desa Sukamulya, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Lokasi wisata ini memang belum resmi dibuka. Namun pengunjung sudah ramai berkunjung ke tempat ini. Lokasi wisata ini berada di area hutan, milik Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Secara swadaya, warga setempat berupaya mengelola area wisata, termasuk pengelolaan area parkir kendaraan. Jalan setapak menuju lokasi air terjun sangat sempit dan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Read More
banner 300x250

Di lokasi Curug Kadu Punah, menghadirkan keindahan panorama alam dengan udara sejuk yang diiringi gemuruhnya air curug sehingga keindahannya dapat memanjakan para pengunjung. Untuk mencapai ke lokasi Curug Kadu Punah hanya berjarak 150 meter dari jalan raya, bisa ditempuh dengan berjalan santai hanya memerlukan waktu 5 menit.

Pengelolaan secara swadaya menyebabkan lokasi wisata ini masih sangat minim akan fasilitas, bahkan jalan masuk pun masih dalam taraf perbaikan.

Rute lokasi menuju Curug Kadu Punah terdapat dua akses jalan yang bisa dipilih. Pertama melalui rute dari pusat kota, atau rute kedua berangkat dari Serang, Ibu Kota Banten. Pengunjung lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menyewa kendaraan, baik mobil ataupun sepeda motor. Pasalnya, akses kendaraan umum sendiri masih sulit. Pengunjung hanya dibebankan tarif parkir sebesar Rp5.000/kendaraan.

Jalur pertama melalui rute dari pusat Kota Rangkasbitung. Jalur ini merupakan jalur cepat, karena bisa ditempuh dengan kurun waktu sekitar 3 jam perjalanan. Namun untuk saat ini hanya bisa dilalui menggunakan motor dengan jalur berkelok. Selain itu, rute ini mengharuskan pengunjung melewati jembatan gantung yang hanya bisa dilalui sepeda motor secara bergantian. Jika kesulitan ketika menyeberangi jembatan, terdapat jasa penyeberangan dari warga sekitar dengan tarif antara Rp5.000-10.000.

Sementara, jalur kedua yaitu melalui Serang, akan melewati kawasan Kota Rangkasbitung, Cipanas, Muncang, Sobang, Ciparasi, Majasari dan Citorek. Rute ini dapat ditempuh menggunakan mobil. Lokasi Curug Kadu Punah sudah dirtandai dalam Google Maps.(*)

Sumber : KABP

Related posts