Pesona Kabupaten Garut : Situ Kabuyutan

lensareportase.com, Terdapat dua lokasi yang menggunakan nama Situ Kabuyutan, yang pertama terletak di Kabupaten Garut dan satunya lagi terletak di Kabupaten Kuningan. Kali ini penulis akan membahas Situ Kabuyutan yang terletak di Kabupaten Garut.

Situ Kabuyutan secara administrasi berada di Desa Pasirlayung, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut. Lokasinya sendiri, sebenarnya sudah hampir mendekati batas wilayah Kecamatan Pakenjeng dengan Kecamatan Bungbulang, oleh karena itu, bila mencari informasi mengenai Situ Kabuyutan di internet, maka nama daerah yang akan muncul adalah Kecamatan Bungbulang. Selain karena lokasinya yang memang sudah dekat dengan Kecamatan Bungbulang, nama Kecamatan Pakenjeng sendiri memang masih belum sering terdengar dan terkenal seperti Kecamatan Bungbulang.

Untuk keberadaan lokasi Situ Kabuyutan ini bila ditinjau dari letak geografisnya, berada di area perbukitan yang termasuk kedalam Zona Pegunungan Selatan Jawa Barat. Berdasarkan pembagian fisiografi menurut Van Bemmelen 1984, kondisi ini dapat dilihat dari medan jalan dan pemandangan selama perjalanan menuju Situ Kabuyutan. Perjalanan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor. Maklum, hanya tersedia jalan setapak melewati hutan pinus untuk menuju Situ Kabuyutan ini.

Saat ini, Situ Kabuyutan masih sangat sepi pengunjung. Tidak dipungut tiket masuk untuk memasuki area milik Perhutani ini. Di Situ Kabuyutan, tampak pemandangan, ada warga yang mencari kayu bakar, pencari ikan dan udang, petani, penyadap getah pinus dan pencari rumput, kerap dijumpai di sekitar danau.

Kesan damai dan sunyi menjadi warna kawasan Situ Kabuyutan yang memenang tersembunyi dibalik sunyinya perbukitan. Hamparan rerumputan nan hijau, sementara sejauh mata memandang air jerning tampak menambah sensasi indahnya lukisan Illahi. Bagi penyuka swa-foto, kawasan Situ Kabuyutan tentunya tak ubahnya surga yang sulit dilupakan. Saat malam hari, suasan di Situ Kabuyutan semakin menambah kerasan bagi para penikmat kesunyian bila melakukan camping di lokasi ini.

Untuk memudahkan pencarian lokasi situ Kabuyutan Pakenjeng Kabupaten Garut ini sudah ditandai dala, Google Maps.(*)

Related posts