Pesona kabupaten Garut : Curug Ciharus

banner 468x60

lensareportase.com, Curug Ciharus terletak di Desa Dano Kecamatan Leles Kabupaten Garut. Berada di sebelah utara Kota Garut dengan jarak sekitar 23 km.

Curug Ciharus merupakan salah satu sumber air dari hulu sungai Cipancar yang berasal dari Gunung Gede, salah satu gunung yang berdampingan dengan Gunung Guntur. Curug Ciharus memiliki ketinggian lebih dari 50 meter dengan debit air yang tidak terlalu besar.

Mengunjungi curug ini ada beberapa aturan yang harus ditaati oleh setiap pengunjung seperti dilarang membawa pasta gigi, shampo, sabun, plastik dan saat mengunjungi curug ini tidak boleh lebih dari 10 orang dengan pembatasan waktu kunjung sekitar 1 jam. Tujuan pengelola diadakan aturan tersebut agar menjaga lingkungan tetap bersih, asri dan bisa bergantian dengan kelompok pengunjung lain.

Selain aturan tadi, juga dilarang merokok ditempat tersebut agar udara disana tetap segar, sejuk dan bagi perokok aktif disarankan agar bisa menahan diri selama disana. Peraturan tersebut sengaja dibuat untuk dapat menjaga kelestarian dan kebersihan curug ini. Jika anda membawa barang bawaan maka harus dititipkan dipos penitipan barang yang sudah disediakan dan yang tak kalah penting bagi pengunjung agar selalu menjaga sikap, perilaku dan ucapan diarea curug.

Tiket kesini lumayan terjangkau, murah meriah buat anak sekolah/mahasiswa liburan dgn menikmati indahnya alam ini. Harga tiket masuk nya sangat terjangkau untuk semua kalangan, jadi ayo yang suka traveling atau suka dengan air terjun datang saja ke Curug ciharus.

Untuk tiket masuk Curug Ciharus, pihak pengelola mematok tarif sebesar Rp. 10. 000 dan tarif parkir sebesar Rp. 2000. Tarif tersebut terbilang cukup murah karena pengunjung dapat menikmati fasilitas seperti lahan parkir yang cukup luas untuk memarkirkan kendaraan anda. Selain itu di area pos pendaftaran juga terdapat warung, mushola dan toilet.

Baca Juga :  Pesona Kabupaten Pasuruan: Air terjun Kebo Glundung

Rute Lokasi untuk menuju Curug Ciharus patokannya adalah Alun-alun Leles, dari sini tinggal belok kanan. Untuk selanjutnya tinggal mengikuti jalan tersebut jika menemukan pertigaan jangan lupa bertanya kepada masyarakat sekitar atau anda bisa menggunakan google maps.(*)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60