Pesona Kabupaten Cilacap : Pantai Kalipat

lensareportase.com, Pantai Kalipat adalah salah satu pantai yang berada di Pulau Nusa Kambangan, Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Pantai Kalipat termasuk pinggiran garis yang mengelilingi Pulau Nusakambangan. Pantai ini belum dikelola sebagai objek wisata oleh Pemkab Cilacap. Sehingga belum ada papan petunjuk jalan menuju lokasi. Sehingg cukup membingungkan. Pantainya lumayan luas dan pasirnya putih, karena akses yang memang cukup sulit, jadi pantai Kalipat masih sangat sepi. Deretan pasir yang menghadap langsung ke Samudera Hindia, jadi satu pesonanya.Untuk sampai ke pantai ini, kita harus terlebih dahulu sampai Pantai Karang Tengah. Sesampai di sana, pengunjung akan ditawari apakah akan menggunakan jasa pemandu untuk sampai ke Pantai Kalipat. Pantai Kalipat memiliki tempat lapang, angin segar dan deburan ombak.

Kalipat merupakan singkatan dari kata kali empat, yang dalam bahasa Jawa kata ‘kali’ merupakan sungai, dan ’empat’ sendiri adalah maksud bahwa di pantai ini terjadi pertemuan antara 4 sungai, sehingga disingkat dengan Kalipat.

Pantai Kalipat tidak terlalu jauh dari Pantai Karang Pandan, sehingga wisatawan dapat memulai perjalanan seperti pada saat melakukan perjalanan menuju Pantai Karang Pandan. Yaitu dengan menyewa perahu dari Pantai Teluk Penyu menuju Pantai Karang Pandan. Sesampainya di Pantai Karang Pandan, kita bisa berjalan kaki menyusuri hutan untuk bisa sampai ke Pantai Kalipat ini.

Opsi lainnya bisa dimulai dari Pantai Teluk Penyu, tetapi harus mengunjungi Dermaga Seloko Cilacap terlebih dahulu untuk memilih perahu dengan tujuan Pantai Kalipat. Jika memulai perjalanan dari Dermaga Seloko Cilacap, wisatawan akan menaiki perahu untuk menyeberang dengan estimasi waktu kira-kira sekitar 60 menit perjalanan. Untuk perahu di Dermaga Selo ini setiap hari tersedia, namun ada batasan jam operasional penyeberangan yaitu mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 16.00 WIB.

Oleh karena itu, meskipun Pantai Kalipat ini dibuka setiap harinya 24 jam non stop. Namun karena jam operasional penyeberangan hanya sampai pukul 4 sore, mau nggak mau wisatawan harus mengikuti peraturan tersebut untuk bisa kembali lagi ke Dermaga Seloko. Sebaiknya datang ke dermaga ini pada pagi hari ya, agar ketika berlibur di Pantai Kalipat terasa begitu puas. Tak ada tiket masuk ke pantai ini. Pantai Kalipat sudah ditandai dalam Google Maps.(*)

Sumber : KABP

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.