Pesona Kabupaten Cianjur : Curug Ciismun

lensareportase.com, Curug Ciismun terletak di Desa Cimacan Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Curug ini berada dalam Kebun Raya Cibodas. Jarak dari kota Cianjur ke lokasi ini sekitar 23 km.

Curug Ciismun, salah air terjun yang menawarkan serta menyuguhkan pemandangan alam yang cantik dan indah. Untuk mencapai air terjun ini akan lebih dekat bila ditempuh jika melewati pintu belakang Kebun Raya Cibodas, hanya membutuhkan sekitar 30 menit saja dengan berjalan kaki. Memang, untuk ke lokasi ini lebih enak dengan berjalan kaki sembari merasakan kesejukan alam sekitar.

Berada di ketinggian 1200-1300 mdpl, Curug Ciismun memiliki tinggi air terjun mencapai sekitar 30 meter dengan lebar 5 meteran. Curug ini berada sekitar 1 km dari pintu masuk utama sebelah timur. Posisinya dikelilingi pepohonan hutan lebat. Letak curug juga tak begitu jauh dari Curug Cibogo.

Debit air yang jatuh dari ketinggian mengakibatkan derasnya percikan air. Kondisi ini juga membuat udara di sekitarnya menjadi semakin sejuk. Curug Ciismun memiliki kolam dan aliran sungai penuh bebatuan. Tracking menuju lokasi curug berupa jalan beraspal, namun sekitar 400 meter sebelum sampai kondisi jalanannya berbatu dan licin, sehingga harus berhati-hati.

Fasilitas di Curug Ciismun sudah cukup lengkap, yaitu terdapat toilet, kamar bilas, warung makan dan beberapa kursi meja untuk bersantai. Jika ingin menginap di dekat Curug Ciismun, sudah tersedia camping ground maupun cottage.

Untuk lokasi berkemah ada dua, yaitu Bumi Perkemahan Mandalawangi dan Bumi Perkemahan Mandalakitri. Untuk Bumi Perkemahan Mandalawangi dikenakan biaya Rp30.000/orang. Di sini juga disediakan tempat penyewaan perlengkapang camping. Sementara di Bumi Perkemahan Mandalakitri dikenakan biaya Rp15.000/orang. Untuk memudahkan pencarian, lokasi curug ini sudah ditandai dalam Google Maps.(*)

Related posts