Pesona Kabupaten Ciamis: Curug Seda

lensareportase.com, Curug Seda yang berada di atas ketinggian Desa Padamulya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Walaupun masuk ke wilayah administrasi Kabupaten Ciamis tetapi curug ini lebih dekat bila dikunjungi dari Kota Tasikmalaya, sekitar 21 km.

Di seputar Curug Seda diatas hamparan pegunungan Gunung Sawal terhampar luas pepohonan besar yang menjulang tinggi belum terjamah tangan-tangan jail membuat udara sangat segar dan pikiran pun tenang. Gemuruh suara air terjun dari ketinggian yang deras menghujam bebatuan di bawahnya dengan cipratan air membuncah membuat sensasi tersendiri bagi para pengunjung. Di atas ketinggian Curug Seda juga para pengunjung bisa menikmati nyanyian berbagai jenis burung yang terus berkicau seolah mengucapkan selamat datang kepada para wisatawan yang datang.

Yang membedakan curug Seda dengan curug lainnya yakni di atas Curug dihiasi pelangi yang tak kunjung hilang. Pelangi tersebut bisa dilihat dengan pandangan mata dari kejauhan. Saat berada di Jalan Layang Rajapolah Curug Ciseda sudah kelihatan.

Yang tidak pakai kendaraan pribadi bisa naik ojek dari Pangkalan Ojek Bojong. Tarifnya Rp 10.000. Sebaiknya kalau mau pakai mobil jangan pakai sedan, harus mobil Sport. Mobil pribadi hanya bisa sampai SDN Padamulya 1. Ada tempat parkir yang cukup luas. Dari sana juga kita sudah disuguhi pemadangan menakjubkan, kalau yang masih baru ada guide yang mengantar ke Curug Seda, sampai puncak memakai mobil colt bak lalu berganti naik sepeda motor,

Kita juga bisa berjalan kaki yang memakai waktu sekitar 15 menit untuk mencapai puncak Ciseda, tapi rasa capek dan pegalnya kaki bakal terobati dengan indahnya panorama alam dan hawa sejuk. Kicauan burung dan suara air sungai akan menambah asrinya suasana. Apalagi kalau kita mendaki Ciseda pada pukul 07-09.00 pagi hari. Menjelang siang pun udara masih sejuk. Suasana sejuk akan menggantikan rasa lelah setelah menempuh perjalanan panjang.

Sayangnya Pemkab Ciamis dalam hal ini Dinas Pariwisata belum serius mengembangkan objek wisasta ini. Sebenarnya lokasi Curug Ciseda mudah dijangkau, dari arah Barat Bandung bisa belok dari SPBU P2B ke arah Panjalu (sekitar 2 kilometer). Nanti di Dusun Bojong belok kanan saja sampai mentok ke Dusun Seda Kidul. Untuk memudahkan ppencarian lokasi curug ini sudah ditandai dalam Google Maps dengan kata kunci “Wisata Curug Seda”.(*)

Sumber : KABP

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.