Pesona Kabupaten Bondowoso : Air Terjun Blawan

lensareportase.com, Air terjun Blawan berlokasi di Dusun Rengaherjo,,Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur. Jarak dari pusat kota ke lokasi wisata sekitar 57 kilometer.

Air terjun Blawan merupakan air terjun panas sebagai akibat dari rembesan berasal kawah gunung yang fenomenal, yaitu Kawah Ijen. Air terjun Blawan Bondowoso yang mengandung zat belerang serta dikelilingi oleh tumbuhan macadamia. Nah, menjadi daya tarik utama air terjun Bondowoso ini yaitu berkat view menakjubkan dimilikinya, itulah alasan mengapa hingga sekarang begitu diminati oleh pengunjung.
Air terjun ini diapit dua tebing tinggi yang ditumbuhi lumut dan tanaman hijau lainnya. Selain itu, air terjun setinggi 30 ini sangat deras. Padahal, saat itu masih musim kemarau. Warna airnya kekuningan karena mengandung belerang. Pengunjung tidak dapat menuruni dasar air terjunnya karena selaim airnya yang mengandung belerang lembahnya juga dikhawatirkan rawan longsor.
Dikawasan ini juga terdapat taman yang dikelola oleh pabrik pengolahan kopi Blawan. Taman ini juga memiliki air terjun yang tidak kalah indah dengan Air Terjun Blawan. Julukan air terjun di taman ini adalah Niagara Mini. Ada pula kolam air panas buat pengunjung yang ingin berendam yaitu pemandian Damar Wulan, yang pada awalnya merupakan daerah petilasan, dimana terdapat sebuah bendungan yang dulunya merupakan tempat pemandian Damar Wulan. Pengunjung yang datang biasa membasuh muka di sana, karena aliran air yang masih segar dan bersih, konon diyakini bisa membuat awet muda
Dari loket masuk kawasan wisata Blawan pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jalan yang ditempuh cukup ekstrem karena jalanya yang naik dan turun diantara dua tebing. Untuk memudahkan, air terjun unu sudah ditandai dalam Google Maps(*)

Related posts