Pesona Kabupaten Bogor : Curug Cikaracak

lensareportase.com, Curug Cikaracak terletak di Kampung Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Curug Cikaracak terletak di kawasan taman nasional Gunung Gede-Pangrango. Lokasinya cukup tersembunyi di antara lembah dan rimbunnya pepohonan.

Curug Cikaracak sangat cocok bagi yang menyukai trekking ataupun yang suka berpetualang.Curug Cikaracak memiliki landscape yang lengkap (yang diapit oleh dua tebing) mulai dari sawah, sungai, kebun, hutan, semak-semak, dan tentunya curug. Kekurangannya hanya ketiadaan lahan parkir, sehingga hanya bisa memarkirkan kendaraan di halaman rumah warga.

Dari tempat parkir perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 2,5 km melewati jalan setapak di pinggir persawahan, ladang, sungai kecil, hutan kecil yang cukup rimbun. Sebelum sampai ke curug ini, setiap pengunjung akan menyeberangi beberapa sungai kecil dengan batuan yang bervariasi yang merupakan aliran dari Curug Cikaracak. Air terjun utama memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan air terjun kecil dengan ketinggian sekitar 20 meter.

Lokasi Curug Cikaracak bila dari kota Bogor ambil arah menuju Sukabumi melalui tol dan ambil jalan keluar Cijeruk. Ikuti jalan menuju Cisempur, sampai di Cisempur akan terlihat papan petunjuknya dan hanya tinggal mengikuti jalan saja. Jaraknya sekitar 3 km. Kondisi jalannya sudah cukup baik dan beraspal, jalannya dapat dilalui oleh dua mobil. Untuk membantu memudahkan pencarian lokasi Curug Cikaracak sudah ditandai dalam Google Maps.(*)

Related posts