Pesona Kabupaten Bandung: Curug Panganten Kembar

lensareportase.com, Curug Panganten Kembar berlokasi di areal Perkebunan Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Dinamai Curug Panganten adalah karena bentuknya yang memiliki dua aliran air terjun yang saling berdampingan, seperti kembar dan berpasanganlah seperti layknya pasangan pengantin di sebuah pelaminan,

Selain bentuknya yang unik karena memiliki dua aliran air yang saling berdampingan, air terjun ini juga eksotis, serta memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Curug Panganten ini berada di balik rimbunnya hutan tropis yang hijau dan berlumut. Untuk mencapai tempat ini pengunjung akan melewati perkebunan sayur milik warga, lalu melewati hutan tropis yang sejuk.

Kawasan wisata alam Curug Panganten ini secara administratif belum dikelola secara resmi oleh pihak manapun, baik itu pemerintah negeri, swasta atau pun lembaga Karang Taruna desa setempat. Jadi, untuk bisa menikmati semua keindahan alam yang ada di kawasan Curug Panganten ini, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Cukup bermodal bensin saja untuk kendaraanmu, serta berbekal makanan berat atau makanan kecil yang bisa dimakan selama perjalanan menuju Curug Panganten Pangalengan.

Curug Panganten Kembar ini sangat minim fasilitas umum. Ditempat ini hanya terdapat saung sebagai tempat beristirahat, namun keberadaan dari saung ini pun sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Buat pengunjung yang ingin pergi ke toilet atau warung, kamu bisa menggunakan toilet di warung kecil milik warga yang berada tak jauh dari Curug Panganten Pangalengan ini.

Jarak tempuhnya kalau dari Kota Bandung sekitar 54 km. Dan waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai ke air terjun ini sekitar 1 setengah – 2 Jam-an. Tapi view perkebunan teh yang akan pengunjung nikmati dan udara segar Pangalenagan tidak akan membosankan.

Patokan yang paling mudah untuk bisa ditempat ini adalah dengan berkendara menuju kawasan Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd.

Star Energy Geothermal ini berada di kawasan Perkebunan Teh Kertamanah, dan Curug Panganten ini berada tak jauh dari Star Energy Geothermal dan masih berada di kawasan Perkebunan Teh Kertamanah. Untuk memudahkan pencarian lokasi Curug Panganten Kembar ini sudah ditandai dalam Google Maps.(*)

Sumber KABP

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.