Pesona Kabupaten Bandung: Curug Cipanji

lensareportase.com, Curug Cipanji terletak di desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung. Tidak tanggung-tangung, di kawasan ini ada 7 air terjun

Curug atau Air Terjun Cipanji terletak di kaki gunung, merupakan bagian dari tujuh air terjun yang ada di Gunung Cipanji. Keunikan Curug Cipanji adalah air terjunnya yang bertingkat-tingkat dengan ketinggian paling atas yaitu sekitar 25 meter. Di tingkat terdasar ada curug yang tingginya 6 meter dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Pada tingkatan paling akhir Curug Cipanji, dinding air terjunnya lebih menyerupai lintasan miring dengan permukaan yang cukup rata sehingga lebih menyerupai perosotan dibandingkan dinding air terjun yang berbentuk vertikal pada umumnya. Pengunjung dengan asyiknya bisa (meluncur) di batuan besar yang menjadi lintasan air.

Air yang mengalir di Curug Cipanji berwarna sangat jernih dan sangat dingin, hal ini di sebabkan lokasi dan posisi Curug Cipanji yang berada di kaki gunung dengan kondisi alam yang masih alami dan belum tercemar. Dari segi fasilitas, Curug Cipanji ini bisa dibilang minim fasilitas umum. Hal itu karena kawasan Curug Cipanji ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah atau pun pengurus desa. Di kawasan Curug Cipanji ini belum tersedia fasilitas umum seperti toilet, saung, mushola atau pun tempat parkir.

Untuk Anda yang membawa kendaraan, Anda bisa memarkirkan kendaraan di rumah warga yang terdapat sebuah warung. Ditempat ini pula Anda bisa menumpang untuk pergi ke toilet. Namun, saat hampir sampai dengan Curug Cipanji dan ditengah hutan, terdapat warung kecil yang menjual beberapa macam makanan dan minuman ringan. Karena kawasan wisata alam Curug Cipanji ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah atau pun pengurus desa. Maka tempat ini belum diberlakukan sistem retribusi tiket alias gratis.

Baca Juga :  Pesona Curug Luhur Langkaplancar

Jika berangkat dari Kota Bandung, maka routingnya adalah arah Kopo Sayati – Katapang – Soreang – Pasir Jambu (Melewati Rumah Makan Sindang Reret). Tak jauh dari rumah makan tersebut terdapat persimpangan sebelah kiri menuju kawasan Curug Cipanji. Dan di persimpangan tersebut terdapat plang penunjuk arah yang berukuran kecil yang menunjukan arah menuju Curug Cipanji. Setelah menyusuri jalan dari persimpangan jalan raya utama, selanjutnya Anda akan menemukan jalan berbatu menuju Desa Tenjolaya. Dari Desa tersebut carilah sebuah rumah yang terdapat warung kecil untuk memarkirkan kendaraan. Selanjutnya, perjalanan dilakukan dengan berjalan kaki sejauh 3,5 Km, dengan melewati perkebunan teh dan hutan pinus yang indah pemandangannya. Untuk memudahkan pencarian lokasi curug ini sudah ditandai dalam Google Maps.(*)

(sumber: KABP)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.