Pertemukan Pembeli, Gus Halim Dorong Pasar Ekspor Anggrek BUMDes Bersama Singosari

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar didampingi Istri Lilik Umi Nasriyah, Dirjen PEID Harlina Sulistyorini, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto menghadiri Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama Budidaya dan Perdagangan Tanaman Anggrek Antara BUMDesa LKD Singosari dengan PT.Java Indo Arjuna (PT.JAVINA) sekaligus Meresmikan Griya Anggrek Singosari. Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (8/10/2023). Foto : Kemendes PDTT

Malang – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau yang akrab disapa Gus Halim terus berperan aktif dalam meningkatkan budidaya anggrek yang dikelola oleh BUMDes Bersama Lkd Singosari. Diantaranya dengan menjembatani kerjasama antara BUMDes Bersama Singosari, Persatuan Anggrek Indonesia (PAI) dan PT Java Indo Arjuna (JAVINA).

Salah satu alasan Gus Halim memberikan perhatian khusus pada budidaya anggrek ini dikarenakan PAI menemui kesulitan dalam mencari pasar untuk Anggrek.

“Target selanjutnya adalah strategi untuk maksimalkan budidaya anggrek ini agar bisa segera ekspor,” kata Gus Halim saat peresmian Green House Griya Anggrek yang dimiliki BUMDes Bersama Lkd Singosari di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Minggu (8/10/2023).

Untuk itu, Gus Halim akan membantu memastikan bahwa izin ekspor anggrek lengkap dan memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk mengirimkan produk ke luar negeri.

“Meski ini sudah berjalan tapi izin ekspornya belum sempurna jadi belum dikirim ke luar negeri,” kata Profesor Kehormatan Unesa ini.

Related posts