Peran Krusial Advokat dalam Perselisihan Hasil Pemilu

BOGOR – Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Tahun 2024 pada Senin hinggCisarua, Bogor, Jawa Barat. Jika sebelumnya Bimtek PHPU diadakan bagi partai politik peserta pemilu, dan penyelenggara pemilu, maka kali ini bimtek tersebut diikuti oleh organisasi advokat yang tergabung dalam Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi).

Ketua MK Anwar Usman secara resmi membuka Bimtek PHPU Tahun 2024 bagi Organisasi Advokat Angkatan I pada Senin (9/10/2023) malam. Anwar dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa pemilihan umum (pemilu) merupakan pilar utama dalam bekerjanya sistem demokrasi di Indonesia. Artinya, tiada negara demokrasi tanpa pelaksanaan pemilu yang berkesinambungan. Untuk itulah, keberlangsungan pemilu yang jujur dan adil serta berintegritas menjadi perhatian bersama.

“Peran dan tanggung jawab penyelenggara pemilu (KPU), pengawas pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, MK, beserta institusi penegakkan hukum lainnya pun menjadi sangat krusial, mengingat kompleksitas proses Pemilu Tahun 2024,” kata Anwar.

Lebih lanjut, Anwar menambahkan, begitu pula dengan tugas mulia para advokat, utamanya dalam membantu pemenuhan hak konstitusional warga negara dalam meraih keadilan. Sebagai bagian dari profesi yang terhormat para advokat diharapkan dapat bekerja dengan baik, senantiasa menjunjung tinggi kejujuran dan integritas dalam melaksanakan tugasnya. “Dalam semangat mewujudkan cita hidup yang demokratis inilah, peran organisasi advokat menjadi vital. Dalam hal ini, memberikan bekal berharga bagi pengurus dan anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), menjalankan tugas dan fungsinya dalam melindungi hak hukum dan tegaknya keadilan bagi seluruh warga negara,” tegasnya

Selain itu, dengan tetap menjunjung tinggi etika dan hukum, pemilu mendatang diharapkan dapat dilaksanakan dengan tingkat kepatuhan yang tinggi terhadap norma pedoman pelaksanaannya. Dengan begitu, pemilu akan menjadi sebuah pesta demokrasi yang berwarna, efektif, dan mampu memberi kebahagiaan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Related posts