Pemerintah Indonesia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan ke Libya

JAKARTA – Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada Libya dalam bentuk dukungan logistik dalam rangka penanggulangan bencana banjir yang menerjang wilayah Libya pada bulan September lalu. Pengiriman bantuan kemanusiaan dilakukan pada Senin (2/10) dini hari melalui Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten.

Proses pelepasan bantuan kemanusiaan dipimpin oleh Plt. Deputi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Sorni Paskah Daeli mewakili Menko PMK yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya, Sorni mengatakan sebagai bentuk kepeduliaan dan kemanusiaan antar negara sahabat, Pemerintah Indonesia sepakat untuk mengirimkan bantuan kepada Pemerintah Libya.

“Melihat besarnya kerugian akibat dampak banjir tersebut, maka pemerintah Indonesia sebagai salah satu negara sahabat Libya turut serta meringankan penederitaan saudara2 kita di sana,” kata Sorni.

“Bantuan ini adalah salah satu komitmen dari pemerintah Indonesia melalui nilai kemanuasiaan dalam ketahanan bencana. Penanggulangnan bencana adalah urusan bersama, perlu kolaborasi multipihak,” lanjutnya.

Dirinya menyebutkan, bencana banjir yang terjadi di Libya sebagai pengingat kepada Indonesia agar selalu meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi di mana saja.

Related posts