Musi Banyuasin Environment Webinar Forum, “Stimulasi Daya Dukung Lingkungan Untuk Daya Saing dan Memajukan Daerah”

lensareportase.com, Beranjak dari visi – misi Kabupaten Musi Banyuasin MUBA MAJU BERJAYA 2022, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui pemetaan strategis yang mengacu pada konsepsi pembangunan ramah lingkungan yang terintegrasi dengan program Pemerintah pusat, dengan mengimplementasikan pembangunan wilayah Musi Banyuasin melalui penguatan konektivitas dan infrastruktur dasar yang berkelanjutan, disertai peningkatan nilai tambah ekonomi berbasis lingkungan, serta peningkatan kualitas SDM.

Skema pelaksanaan pembangunan wilayah tersebut, menjadi penting untuk
dimaknai sebagai peluang menciptakan pengembangan ekonomi baru dengan
memperhatikan trend liberalisasi perekonomian dunia dengan tingkat pertumbuhan yang tidak menentu dan tingkat persaingan investasi secara ketat.

Didorong untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Musi Banyuasin sebagaimana termaktub dalam program kerja, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, membuka peluang bagi terciptanya kerjasama investasi melalui stimulasi
daya dukung lingkungan, dengan menjaga keseimbangan antara aspek pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan sosial dan kelestarian lingkungan, serta ditopang oleh kekuatan pondasi kerjasama dan kemitraan pembangunan antara pemerintah, sektor swasta dan masyarakat.

Dalam upaya memberikan masukan, serta menciptakan kerjasama harmonis Pemangku Kepentingan daerah, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin membuka akses pengembangan informasi guna mendorong promosi investasi meningkatkan pencitraan Kabupaten Musi Banyuasin dalam menghadapi persaingan dan trend
liberalisasi global melalui rancangan kegiatan Webinar.

Musi Banyuasin Environment Webinar Forum mengusung Tema “Stimulasi Daya Dukung Lingkungan Untuk Daya Saing & Memajukan Daerah” dilaksanakan pada tanggal 28 Juni 2021, dengan platform Online yang dapat diikuti melalui saluran youtube. Skema ini dilakukan menyikapi protokol kesehatan terhadap pandemi Covid-19. Sehingga penyebarluasan informasi dan sharing pendapat bersifat strategis terhadap pembangunan Hijau di Kabupaten Musi, dengan penyediaan data dan informasi secara komprehensif oleh para narasumber dan audience terfasilitasi.

Kegiatan Webinar ini menampilkan akan dibuka oleh Laporan dari Panitia Penyelenggara yang akan disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Banyuasin, dan dilanjutkan dengan paparan dari Bupati Musi Banyuasin, Dr. Dodi Reza Alex Nurdin, Lic., Econ., MBA. Setelah itu akan hadir pula Bapak Sarwono Kusumaatmadja (Menteri Lingkungan Hidup tahun 1993 – 1998),
dan beberapa perusahaan investasi yang terlibat dalam pembangunan hijau di
Kabupaten Musi Banyuasin, seperti PT. Energi Daya Nusantara, PT. Pertamina Gas, PT. Sarana Multi Infrastruktur.

Selanjutnya akan tampil pula Plt. Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, dan Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dan Keynote Speech yang akan disampaikan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.(*)

Related posts