Kenali Berbagai Macam Gejala Skizofrenia

banner 468x60

Dokter biasanya menggambarkan skizofrenia sebagai psikosis. Jadi, penderita tidak selalu dapat membedakan pikiran dan ide berdasarkan kenyataan. Kenali macam-macam gejala skizofrenia.

lensareportase.com – Skizofrenia adalah gangguan kejiwaan kronis yang cukup parah. Biasanya, kondisi kesehatan mental ini dapat menyebabkan berbagai gejala psikologis berbeda-beda. Penderita biasanya akan mengalami halusinasi, delusi, dan gangguan kemampuan berpikir. Sayangnya, hingga saat ini kesadaran tentang ciri-ciri skizofrenia masih rendah.

Padahal, perawatan sedini mungkin dapat membantu mengatasi dan mengontrol skizofrenia. Simak penjelasan lengkap mengenai gejala skizofrenia dalam artikel ini.

Gejala awal skizofrenia

Skizofrenia adalah kondisi kejiwaan yang tidak diketahui penyebab pastinya. Penelitian menunjukkan bahwa skizofrenia bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti genetik, psikologis, hingga lingkungan.

Beberapa orang mungkin lebih rentan mengalami skizofrenia akibat pengalaman hidup yang traumatis. Gejala skizofrenia biasanya bisa mulai muncul pada rentang usia 15-30 tahun. Walaupun jarang, ada kemungkinan anak-anak pun dapat menunjukkan gejala skizofrenia.

Mengutip NHS, skizofrenia dapat mengubah cara berpikir dan berperilaku. Faktanya, kondisi ini dapat berkembang secara perlahan. Kemungkinan, tanda awalnya pun mungkin sulit teridentifikasi. Pasalnya, skizofrenia biasanya muncul di fase remaja dan dianggap sebagai sebuah perilaku remaja yang normal.

banner 300x250
Baca Juga :  Catat Kasus Kematian, Ini 2 Komorbid yang Sebabkan Pasien Omicron Meninggal Dunia

Related posts

banner 468x60