Cemilan Potato Katsu: Bahan dan Cara Membuatnya

Potato Katsu adalah salah satu cemilan yang populer di Jepang. Makanan ini terdiri dari kentang yang digoreng dengan tepung roti renyah di luar dan lembut di dalam. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk camilan atau hidangan pembuka. Dalam artikel ini, kita akan membahas bahan-bahan yang diperlukan dan langkah-langkah untuk membuat Potato Katsu yang lezat.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Potato Katsu cukup sederhana dan mudah ditemukan di supermarket lokal. Berikut adalah daftar bahan yang Anda butuhkan:

  1. Kentang: Pilih kentang yang besar dan berukuran seragam untuk hasil yang lebih baik. Anda dapat menggunakan jenis kentang apa pun yang Anda sukai, tetapi kentang jenis russet atau kentang berkulit merah biasanya lebih disukai.
  2. Tepung roti: Tepung roti adalah bahan penting dalam membuat Potato Katsu. Anda dapat menggunakan tepung roti biasa atau tepung roti Jepang yang lebih halus dan renyah.
  3. Telur: Telur digunakan untuk melapisi kentang sebelum digulingkan ke dalam tepung roti. Ini membantu tepung roti menempel dengan baik pada kentang dan memberikan tekstur yang renyah setelah digoreng.
  4. Minyak goreng: Minyak goreng digunakan untuk menggoreng kentang hingga kecokelatan dan renyah. Anda dapat menggunakan minyak sayur atau minyak canola.

Setelah Anda mengumpulkan semua bahan yang diperlukan, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Potato Katsu:

  1. Kupas dan potong kentang menjadi bentuk batang atau potongan persegi panjang. Pastikan ukurannya seragam agar kentang matang dengan merata.
  2. Rebus kentang dalam air mendidih selama sekitar 5-7 menit atau hingga kentang menjadi lembut. Tiriskan dan biarkan kentang dingin sejenak.
  3. Setelah kentang dingin, gulingkan kentang dalam tepung roti hingga seluruh permukaan kentang terlapisi dengan baik.
  4. Celupkan kentang yang sudah dilapisi tepung roti ke dalam telur yang telah dikocok. Pastikan seluruh permukaan kentang terlapisi dengan telur.
  5. Gulingkan kembali kentang yang sudah dilapisi telur ke dalam tepung roti. Pastikan seluruh permukaan kentang terlapisi dengan tepung roti.
  6. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Goreng kentang dalam minyak panas hingga kecokelatan dan renyah. Pastikan untuk membalik kentang agar matang merata di kedua sisi.
  7. Setelah kentang matang, angkat dan tiriskan minyak berlebih pada kertas tisu.
  8. Potato Katsu siap disajikan! Anda dapat menikmatinya dengan saus tomat, saus sambal, atau saus favorit Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat Potato Katsu yang lezat di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Related posts