BUMDes Citra Desa Gunung Malang Berhasil Mengembangkan Inovasi, Ini Produknya

banner 468x60

lensareportase.com, Kecamatan Tenjolaya – Badan usaha milik desa (BUMDes) Citra Desa Gunung Malang berhasil mengembangkan inovasi olahan produk tanaman kumis kucing menjadi minuman teh .

Herbal tea nama produk olahan tanaman obat keluarga (toga) menjadi minuman teh untuk kesehatan, berawal dari program pemberdayaan masyarakat melalui dukungan PT.SMF (Sarana Multi Finance) Persero Tbk.

Dan Yayasan Inspirasi Anak Bangsa dengan membuat central penanaman obat keluarga yang sepenuhnya dikelola oleh BUMDes Citra Desa Gunung Malang, yang berlokasi di wilayah kampung Tegallangkap RT/RW 01/03 Desa gunung malang kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor, Minggu ( 12/09/2021) Jawa Barat.

Hal itu disampaikan Direktur BUMdes Citra Desa Martin mengatakan, Dari awal program dijalankan sampai usia memanen tanaman tersebut kurang lebih membutuhkan waktu 4-5 bulan khususnya untuk jenis tanaman kumis kucing, ternyata terdapat banyak kandungan manfaat yang terdapat pada tumbuhan tersebut. BUMDes pun berinovasi dengan diolah menjadi minuman teh, ternyata memang betul ketika kita pasarkan melalui marketflace cukup banyak permintaan dari konsumen, ini menjadi sinyal baik untuk kedepannya, khususnya bisa memberdayakan kader-kader posyandu atau PKK untuk menggalakan menanam toga disekitaran rumah karena sudah memiliki nilai jual dipasaran.

Sementara pada kesempatan yang sama kang Apih PT. SMF menyampaikan, Kami dari PT Sarana Multi Finance merespon baik dalam bentuk program SMF Grend yang dijalankan BUMDes Citra Desa Gunung Malang, bisa membuahkan hasil yang cukup baik sehingga terlihat hasil yang nyata, kami pun selanjutnya akan mendukung untuk perizinan legal produk seperti BPOM dan Label Halal, bahkan peralatan untuk menunjang produksi yang memenuhi mutu pasar.

Selanjutnya Yayasan Inspirasi Anak Bangsa (YIAB) Kang Ari, Sebagai supervisi pun sangat senang dengan pencapaian yang dilakukan oleh tim BUMDes Citra Desa Gunung Malang, kami mendampingi kurang lebih 6 bulan untuk mengarah kehasil yang sekarang, bahkan dengan seperti ini kami dari YIAB pun akan terus mendorong supaya tidak nanggung dalam program pemberdayaan dalam bentuk SMF Grend. Pungkasnya.(Cw)

banner 300x250
Baca Juga :  Pemdes Sindang Mulya, Kecamatan Cibarusah Gelar Pordes Turnamen Sindang Mulya Cup

Related posts

banner 468x60