Buka Rakornas TP PKK 2022, Ini Arahan Ibu Negara Iriana Jokowi

banner 468x60

JAKARTA, lensareportase.com – Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) TP PKK 2022. Pembukaan Rakornas ditandai secara simbolis dengan pemukulan gong di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Senin (28/11/2022).

Dalam sambutannya, Iriana Jokowi yang juga Pelindung Utama TP PKK, selain menyapa seluruh Ketua TP PKK provinsi dan kabupaten/kota, ia juga menyapa tiga Penjabat (Pj.) Ketua TP PKK provinsi baru di Papua. Mereka di antaranya Pj. Ketua TP PKK Provinsi Papua Selatan Ade Apolo Safanpo, Pj. Ketua TP PKK Provinsi Papua Tengah Thelda Valentinus Sumito, dan Pj Ketua TP PKK Provinsi Papua Pegunungan Sunarti Kondomo.

“Ini ada (Pengurus TP PKK) baru, bisa berdiri? Ada tiga provinsi baru. Bisa diperkenalkan dari provinsi mana,” tanya Iriana.

Turut mendampingi Iriana, pengurus Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM), yang merupakan istri-istri Menteri Kabinet Indonesia Maju yang telah membantu Ibu Negara dalam setiap kegiatan yang juga bisa bekerja sama dengan PKK.

“Selamat atas terselenggaranya Rakornas TP PKK di tahun 2022. Dua tahun sudah tidak menyelenggarakan karena adanya pandemi,” ujar Iriana.

Dalam sambutannya, Iriana menyampaikan, penyelenggaraan Rakornas dilakukan guna menyelaraskan pencapaian target program agar gerakan PKK makin maju dan bermanfaat bagi masyarakat. “Rakornas ini sangat penting untuk menyelaraskan program dan juga pencapaian target-target program yang telah diselenggarakan PKK, membuat gerakan PKK makin maju dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” ujar Iriana.

Selain itu, dalam menghadapi krisis pangan yang saat ini terjadi, sejumlah program dapat dilakukan dengan memperkuat kemandirian dan ketahanan pangan keluarga. Langkah ini misalnya melalui gerakan menanam tanaman yang bermanfaat bagi konsumsi keluarga. Iriana berharap, para anggota PKK dapat terjun langsung ke wilayah masing-masing untuk meninjau pelaksanaan program di lapangan.

Baca Juga :  Jaksa Agung Meluncurkan Program “Transformasi Digital Kejaksaan Menuju Kejaksaan yang Handal dan Modern”

“Saya berharap untuk penanaman toga (tanaman obat keluarga) juga dilanjutkan kembali karena sekarang adanya pandemi ini tanaman toga sangat bermanfaat bagi kita semuanya,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Iriana juga mendorong TP PKK agar dapat menjaga ketahanan dan kesehatan keluarga dengan meningkatkan daya tahan tubuh, seperti dengan berolahraga dan menjaga pola makanan sehat. Selain itu, Iriana juga meminta para anggota PKK membangun solidaritas antartetangga dengan memperkuat semangat gotong royong.

“Membangun solidaritas dan kepedulian sosial antartetangga, antarkampung, antarsesama dengan memperkuat semangat saling membantu dan bergotong royong,” kata Iriana.

Di samping itu, Iriana juga mengingatkan pentingnya mengembangkan ketahanan ekonomi keluarga dengan mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan industri rumah tangga. Di bidang teknologi, Iriana mendorong para anggota TP PKK untuk menumbuhkan literasi digital di lingkungan keluarga.

“Juga menumbuhkan literasi digital di keluarga, menyediakan lebih banyak waktu untuk mendampingi putra-putri kita agar mampu beradaptasi dengan cepat dan juga bersikap bijak di era digital,” tambahnya.

Pada akhir sambutannya, Iriana berharap penyelenggaraan Rakornas tersebut menghasilkan gagasan pemikiran yang dapat meningkatkan kapasitas kelembagaan PKK agar tumbuh lebih kuat dan hebat.

“Semoga Rakornas ini berlangsung lancar dan sukses, menghasilkan gagasan-gagasan dan pemikiran maju yang dapat meningkatkan kapasitas kepemimpinan dan kelembagaan PKK agar tumbuh makin kuat, hebat, dan maju,” pungkasnya.(*)

banner 300x250

Related posts

banner 468x60